Rabu, 22 April 2020

More about Monitor




                       Samsung 65" Class LED Curved 7 Series 2160p Smart 4K UHD TV with ...


 




 Monitor yups semua dari kita pasti tahu tentang alat yang satu ini, ini adalah alat yang tidak bisa terpisahkan pada saat kita menggunakan komputer, karena alat ini adalah output yang vital pada perangkat konputer karena tanpa perangkat ini kita tidak akan bisa menggunakan komputer secara maksimal karena tidak ada tampilan yang bisa dimunculkan oleh komputer untuk kita lihat.

  Namun mungkin masih banyak dari kita tidak banyak yang tahu tentang perangkat ini lebih dalam dan hanya tahu tentang fungsi lebih lanjut dari perangkat ini, namun tenang diartikel ini saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai perangkat ini seperti tipe2nya dan juga fungsinya masing masing.

1. Monitor CRT
                                Side View Of CRT Monitor Isolated On White With Clipping Path ...
Buat kamu yang menggunakan komputer di era sekitar tahun 2000an, maka monitor yang satu ini pasti sudah sangat familier ditemui. Monitor CRT sering juga disebut dengan monitor tabung, karena bentuknya yang besar. Selain itu, sering kali pula disebut dengan monitor cembung karena layarnya membentuk sebuah cembungan dan tidak datar (pada beberapa model). Jenis monitor yang satu ini sangat tua dan mungkin banyak ditemui di komputer-komputer lama atau lawas. Kecenderungannya, monitor ini sudah tidak lagi dipakai karena teknologinya sudah usang dan sudah muncul banyak varian seperti monitor LCD, LED, dan lain sebagainya yang menawarkan kualitas gambar dan portabilitas yang lebih baik.

Monitor CRT bekerja dengan cara memancarkan sebuah sinar katoda atau elektron dengan kecepatan tinggi di tabung yang hampa udara. Pancaran sinar elektron itu akan memantulkan layar yang memiliki sifat berpendar ketika di kenakan di layar. Pantulan elektron ini akan membentuk pola di layar sementara sinar katoda akan terus memantulkan layar monitor sesuai dengan input yang didapatkan dari konversi data digital ke satuan gelombang elektromagentik. Oleh karena itulah monitor ini menghasilkan sinar radiasi yang cukup.

2. Monitor LCD

                                 Jual PHILIPS PHILIPS Full HD LCD Monitor 21.5 Inch 223V7QHSB ...
  Perkembangan teknologi monitor membawa kita ke monitor generasi LCD, setelah CRT kadaluarsa. Monitor LCD adalah sebuah monitor yang disusun dengan memanfaatkan cairan kristal yang bisa memberikan kualitas warna jauh lebih baik daripada CRT. Pada monitor LCD memiliki varian cahaya yang lebih banyak dan terdiri dari satuan piksel, atau satu titik kristal cair yang tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahayanya adalah lampu neon berwarna putih yang ada di bagian belakang susunan kristal terebut.

Titik-titik cahaya atau piksel yang berjumlah sangat banyak, dari ribuan hingga jutaan akan mengubah tampilan citra yang terlihat di layar. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnet yang timbul sehingga akan membiarkan beberapa warna saja diteruskan ke titik kristal tersebut, sehingga muncullah berbagai macam gambar yang bisa kamu lihat di layar komputermu.


3. Monitor LED

           Jual SAMSUNG SAMSUNG LED Monitor 22 Inch LS22F350FHEXXD - Monitor ...
   
Monitor LED dapat dianggap sebagai sebuah monitor yang merupakan hasil penyempurnaan atau pengembangan dari monitor LCD. Kualitas warnanya cenderung lebih baik dan juga varian warnanya lebih banyak. Ada berbagai macam fitur dan fungsi yang lebih canggih apabila dibandingkan dengan monitor-monitor sebelumnya, seperti misalnya adanya teknologi touch screen, hemat daya hingga 70% dibandingkan dengan LCD, kerapatan pixel yang jauh lebih tajam, usia pemakaian yang lebih panjang dan juga ukurannya lebih slim serta memiliki pencahayaan yang lebih baik dibandingkan dengan monitor LCD, yang bisa mengalami masalah blank hitam dan bisa kamu mengatasi dengan cara memperbaiki monitor LCD gelap. Kekurangannya antara lain adalah harganya yang lebih mahal dan sentivitas yang lebih tinggi.

4. Monitor OLED

                          ASUS ProArt PQ22UC 21.6" 16:9 HDR OLED Monitor PQ22UC

    Meski memiiki nama yang mirip dengan LED, keduanya tidaklah sama. OLED adalah kepanjangan dari organic light emitting diode. Berbeda dengan LCD atau LED, OLED tidak memiliki polarisasi. Setiap cahaya piksel atau sub piksel warna merah, hijau, atau biru, akan menyala sendiri ketika voltase masuk ke molekul besar yang kompleks, yakni sebuah dioda pemancar cahaya organik. Warna yang dipancarkan dari panel OLED bergantung pada molekul, sedangkan cahaya bergantung pada voltase yang masuk. OLED dapat mencapai tingkat kecerahan HDR karena molekulnya mengeluarkan warna yang tepat tanpa harus disaring seperti LCD. Panel OLED memiliki rasio kontras yang mumpuni, begitu disebut Tom's Hardware yang dirangkum KompasTekno, Senin (27/8/2018). Tidak perlu ada latar cahaya yang diblok seperti LCD, jadi tak perlu khawatir soal banyaknya cahaya yang masuk. Warna hitam akan sangat pekat dan warna lain akan tampak baik. Menariknya, OLED bersifat fleksibel, yang artinya potensi menemukannya di ponsel lipat mendatang sangat terbuka. Sayangnya, refresh rate atau frekuensi tampilan layar per detik panel OLED tidak pernah mencapai angak 90 Hz.





Sekian dulu untuk aetikel saya pada saat ini, jika ada kesalahan pada penulisan atau pengertian bisa bantu saya untuk mengkoreksinya pada kolom komentar,
Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar